VISI, MISI, DAN TUJUAN SMPN 276 JAKARTA

TAHUN PELAJARAN 2024-2025

 

1.      VISI

Unggul dalam prestasi akademik dan non-akademik, kompetensi literasi dan numerasi, peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS) serta berwawasan global sehingga terwujud Profil Pelajar Pancasila.

 

Indikator pencapaian visi:

a.     Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam bidang akademik dan non-akademik yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS);

b.     Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam literasi dan numerasi;

c.     Terwujudnya komunitas belajar sepanjang hayat yaitu sekolah sebagai tempat saling belajar dan berkembang bagi guru sebagai ahli, peserta didik, serta orang tua dan masyarakat dengan menerapkan perilaku peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS);

d.     Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan pembentukan Profil Pelajar Pancasila;

e.     Terwujudnya pendidikan berwawasan global yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS);

f.      Terwujudnya pendidikan yang mengembangkan keterampilan abad 21 (berpikir kritis, kolaboratif, kreatif, komunikatif) dengan menerapkan pola gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS).

 

2.      Misi

a.     Mewujudkan peserta didik yang unggul dalam bidang akademik dan non-akademik yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS);

b.     Mewujudkan peserta didik yang unggul dalam literasi dan numerasi;

c.     Mewujudkan komunitas belajar sepanjang hayat yaitu sekolah sebagai tempat saling belajar dan berkembang bagi guru sebagai ahli, peserta didik, serta orang tua dan masyarakat dengan menerapkan perilaku peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS);

d.     Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan pembentukan Profil Pelajar Pancasila;

e.     Mewujudkan pendidikan berwawasan global yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS);

f.      Mewujudkan pendidikan yang menjamin hak belajar bagi setiap peserta didik;

g.     Mewujudkan pendidikan menggunakan pendekatan atau model yang beragam;

h.     Mewujudkan pendidikan yang mengembangkan keterampilan abad 21 (berpikir kritis, kolaboratif, kreatif, komunikatif) dengan menerapkan pola gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS).

 

Indikator Pencapaian Misi:

  1. Tercapainya ketercapaian pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran.
  2. Tercapaian kelulusan peserta didik 100% dan untuk semua penilaian mata pelajaran  rata- rata minimal 75.
  3. Tercapainya peserta didik mengikuti lomba minimal tingkat kota hingga tingkat   internasional dan memiliki prestasi minimal tingkat kota.
  4. Tercapainya peserta didik yang memiliki karakter keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
  5. Tercapainya peserta didik yang memiliki karakter cinta tanah air dan kebinekaan serta berbudaya baik lokal maupun global dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
  6. Terwujudnya peserta didik yang memiliki karakter mandiri, bernalar kritis, dan kreatif serta gotong royong dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
  7. Terlaksanan kegiatan membuka ruang kelas (open class) untuk guru lain bisa saling melihat dan belajar proses pembelajaran di kelas.
  8. Tercapainya kegiatan MGMP sekolah / Komunitas Belajar untuk forum diskusi dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan asesmen/penilaian untuk semua mata pelajaran
  9. Terdapat 100% guru yang mengikuti pendidikan dan atau pelatihan yang relevan dengan mata pelajaran yang diampu untuk dapat meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan, dan wawasan guru agar lebih profesional.
  10. Seluruh peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pilihan berdasarkan minat dan potensi peserta didik dalam segala bidang minimal dengan nilai baik.
  11. Terlaksananya sosialisasi kepada komunitas orang tua terkait dengan pola/strategi pendampingan belajar.
  12. Terlaksananya proyek penguatan profil pelajar Pancasila untuk seluruh peserta didik 3 kali dalam setahun untuk kelas VII dan VIII, 1 kali untuk kelas IX (7 kali dalam satu Fase/Fase D)
  13. Terlaksananya pengintegrasian nilai profil pelajar pancasila dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian untuk semua mata pelajaran.
  14. Terlaksananya pengintegrasian nilai profil pelajar pancasila dalam kegiatan pembiasaan rutin sekolah dan budaya sekolah.
  15. Tersedia fasilitas pembelajaran bagi peserta didik inklusi.
  16. Tersedia fasilitas pembelajaran dengan mengedepankan persamaan hak.
  17. Terlaksana kegiatan saling bantu dan dibantu antar peserta didik dan antar guru.
  18. Terlaksananya kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model yang beragam untuk semua mata pelajaran.
  19. Terlaksananya pembiasaan bagi peserta didik untuk melaksanakan tugas dalam bentuk proyek untuk semua mata pelajaran.
  20. Terlaksananya kegiatan belajar mengajar mengembangkan sikap kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif untuk semua mata pelajaran.
  21. Terlaksananya kegiatan belajar mengajar dengan mengintegrasikan literasi dan numerasi untuk seluruh mata pelajaran.
  22. Terfasilitasinya pembelajaran bagi peserta didik inklusi.
  23. Terfasilitasinya pembelajaran dengan mengedepankan persamaan hak.

 

3.      Tujuan SMP Negeri 276 Jakarta:

“Terwujudnya Profil Pelajar Pancasila berketerampilan abad 21 dan kompetensi literasi-numerasi yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS)”.